Keuntungan dan Kerugian E-Commerce
Pengertian E-Commerce
E-Commerce adalah suatu kegiatan usaha jual beli/perdagangan dengan memanfaatkan media online atau media internet baik berupa barang maupun jasa.
Keuntungan dan Kerugian E-Commerce
Keuntungan
a. . Pasar Luas
Melalui sistem e-commerce sebuah perusahaan dapat menjangakau pasar secara luas. Bisnis dapat dijalankan dengan teknologi digital tanpa harus terbatasi oleh jarak dan batas negara. Pihak perusahaan dapat bertemu dengan partner dan kliennya dari seluruh penjuru dunia.
b. Menghemat Biaya
Biaya operasional dapat dihemat. Biaya untuk membuat, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan memperbaiki kembali informasi dapat dikurangi dibandingkan dengan pasar jual beli secara langsung
c. Biaya telemunikasi yang lebih rendah
Internet lebih murah dari sebuah jaringan tambahan yang hanya digunakan untuk telepon. Adalah lebih murah untuk mengirimkan sebuah fax atau e-mail via internet daripada melakukan dial telepon secara langsung.
d. Tanpa Mengenal Waktu
Bisnis dapat dijalankan tanpa mengenal batas waktu karena dijalankan secara on-line melalui internet yang selalu beroperasi tiap hari. Konsumen dapat berbelanja atau mengolah bernagai transaksi lain dalam 24 jam sepanjang hari, sepanjang tahun di sebagian besar lokasi. Contohnya memeriksa saldo, membuat pembayaran, dan memperoleh informasi lainnya.
e. Lebih banyak pilihan
Konsumen tidak hanya memiliki sekumpulan produk yang bisa dipilih, namun juga daftar supplier internasional sehingga konsumen memiliki pilihan produk yang lebih banyak.
f. Perbandingan harga
Konsumen yang berbelanja di seluruh dunia dapat membandingkan harganya dengan mengunjungi berbagai situs yang berbeda
g. Proses pengantaran produk yang inovatif
Beberapa produk terutama produk digital dapat dengan mudah didistribusikan dengan hanya mengunduh dari web atau email
h. Lebih fleksibel
Masyarakat bisa lebih fleksibel melakukan pekerjaannya dimanapun dan kapanpun
i. Terhubungnya masyarakat dengan masyarakat lain
Masyarakat di berbagai negara dapat saling terhubung dalam proses jual beli sehingga memiliki hubungan masyarakat yang luas.
j. Kemudahan akses fasilitas publik
Masyarakat dengan mudah dapat memanfaatkan layanan publik karena sekarang ini beberapa fasilitas yang sebelumnya harus diakses secara langsung kini dapat diakses melalui aplikasi internet misalnya internet banking, onlineshop, dll.
Kerugian E-commerce
Walaupun adanya e-commerce memberi banyak keuntungan, masih terdapat berbegai kekurangan dari e-commerce antara lain:
a. Keamanan sistem rentan diserang
Dapat mudah terkena hacking, banyak perusahaan yang sudah menjadi korban kejahatan cracker.
b. Persaingan tidak sehat
Di bawah tekanan untuk berinovasi dan membangun bisnis untuk memanfaatkan kesempatan yang ada dapat memicu terjadinya tindakan ilegal yaitu penjiplakan ide dan perang harga.
c. Masalah kompabilitas teknologi lama dengan yang lebih baru
Dengan perkembangan dan inovasi yang melahirkan teknologi baru, sering muncul masalah yaitu sistem bisnis yang lama tidak dapat menerima inovasi baru karena kalah bersaing dengan teknologi baru dan memunculkan protes misalnya seperti ojek dan taksi online.
e. Perlunya keahlian komputer
Tanpa menguasai keahlian computer, mustahil konsumen dapat berpartisipasi dalam e-commerce. Pengetahuan dasar computer diperlukan, antara lain pengetahuan mengenai internet dan web.
f. Biaya tambahan untuk mengakses internet
Untuk ikut serta dalam e-commerce dibutuhkan koneksi internet yang tentu saja menambah pos pengeluaran bagi konsumen.
g. Biaya peralatan komputer
Komputer diperlukan untuk mengakses internet, tentu saja dibutuhkan biaya untuk mendapatkannya. Perkembangan komputer yang sangat pesat menyarankan konsumen untuk juga mengupdate peralatannya apabila tidak ingin ketinggalan teknologi.
h. Risiko bocornya privasi dan data pribadi
Segala hal mungkin terjadi saat konsumen mangakses internet untuk menjalankan ¬ e-commerce, termasuk risiko bocornya data pribadi karena ulah orang lain yang ingin membobol sistem.
i. Berkurangnya waktu untuk berinteraksi secara langsung dengan orang lain
Transaksi e-commerce yang berlangsung secara on-line telah mengurangi waktu konsumen untuk dapat melakukan proses sosial dengan orang lain. Hal ini tidak baik karena dikhawatirkan akan dapat mengurangi rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya.
j. Berkurangnya interaksi antar manusia
Karena masyarakat lebih sering berinteraksi secara elektronik, dimungkinkan terjadi berkurangnya kemampuan sosial dan personal manusia untuk bersosialisasi dengan orang lain secara langsung.
k. Sulitnya mengatur internet
Sejumlah kriminalitas telah terjadi di internet dan banyak yang tidak terdeteksi. Karena jumlah jaringan yang terus berkembang semakin luas dan jumlah pengguna yang semakin banyak, seringkali membuat pihak berwenang kesulitan dalam membuat peraturan untuk internet.
Komentar
Posting Komentar